Berita Malang Hari Ini

Tampuk Pimpinan Berganti, Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Resmi Dijabat Kolonel Pnb Fairlyanto

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh resmi dijabat oleh Kolonel Pnb Fairlyanto menggantikan pejabat sebelumnya yakni Marsekal Pertama TNI Zulfahmi

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Eko Darmoko
SURYAMALANG.COM/Kukuh Kurniawan
Pangkoopsud II Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra (tengah) bersalaman komando dengan Marsekal Pertama TNI Zulfahmi (kiri) dan Kolonel Pnb Fairlyanto (kanan) usai upacara sertijab Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Senin (23/1/2023). 

SURYAMALANG.COM - Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Lanud Abdulrachman Saleh dilaksanakan di Taxi Way Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, Senin (23/1/2023).

Sertijab tersebut dipimpin langsung oleh Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra.

Dalam sertijab itu, Komandan Lanud Abdulrachman Saleh resmi dijabat oleh Kolonel Pnb Fairlyanto menggantikan pejabat sebelumnya yakni Marsekal Pertama TNI Zulfahmi.

Sebagai informasi, sebelumnya Kolonel Pnb Fairlyanto menjabat sebagai Sesdisopslatau.

Sedangkan untuk Marsekal Pertama TNI Zulfahmi, mendapat jabatan baru sebagai Irkoopsud II.

Pangkoopsud II, Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra mengatakan, sertijab merupakan suatu hal yang biasa di dalam kemiliteran.

"Di lingkungan militer, dikenal namanya tour of area tour of duty. Dan kita ketahui bersama, Marsma TNI Zulfahmi sudah 20 bulan menjabat sebagai Komandan Lanud Abdulrachman Saleh. Dan pimpinan TNI AU telah memikirkan, bahwa ini saatnya dilakukan regenerasi," ujarnya kepada SURYAMALANG.COM.

Ia juga mengungkapkan, bahwa Lanud Abdulrachman Saleh merupakan pangkalan udara yang terletak di lokasi strategis, yaitu berada di antara benteng alam pegunungan.

"Dengan benteng alam itu, tentunya  memiliki nilai keuntungan dalam segi pertahanan udara yaitu membuat sulitnya terdeteksi lawan dari udara. Selain itu, Lanud Abdulrachman Saleh merupakan satuan yang vital karena memiliki Skadron Udara Tempur dan Angkut beserta alutsista pendukung lainnya sebagai benteng pertahanan udara NKRI," bebernya.

Dirinya pun memberikan pesan kepada Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel Pnb Fairlyanto, untuk dapat bekerja dan dapat melaksanakan tugas dengan baik.

"Kedudukan Lanud Abdulrachman Saleh yang strategis dan vital, berdampak kepada keunggulan dalam berbagai operasi, pembinaan dan kerjasama bilateral khususnya di bidang pengamanan wilayah udara dan latihan militer bersama. Dengan berbagai hal tersebut, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan sekaligus tantangan ini,"

"Sehingga, secara bersama dapat turut mendukung terwujudnya TNI AU sebagai angkatan udara yang disegani di kawasan," jelasnya.

Sementara itu, Kolonel Pnb Fairlyanto mengungkapkan, bahwa akan melaksanakan tugas sebagai Komandan Lanud Abdulrachman Saleh dengan baik.

"Jabatan ini merupakan suatu kehormatan yang telah diberikan pimpinan TNI AU kepada saya. Oleh karena itu, saya harus melaksanakan jabatan ini sebaik-baiknya, dengan segala ketulusan, keteguhan dan pengorbanan,"

"Saya juga akan menjaga terjalinnya komunikasi, sinergisitas dan kerjasama yang telah terbangun bersama rekan-rekan TNI-Polri dan Forkopimda Jawa Timur dan Malang."

"Sehingga diharapkan kedepannya, soliditas yang sudah terjalin baik ini dapat terus ditingkatkan guna mewujudkan stabilitas pertahanan dan keamanan khususnya di wilayah Jawa Timur dan Malang," tandasnya.

 

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved