Malang Raya

Wali Kota Malang Sutiaji Tutup Toko Modern Tak Berizin di Jalan Raya Achmad Yani

Wali Kota Malang, Sutiaji, melakukan sidak terhadap salah satu toko modern di kawasan Jl Raya Achmad Yani, Blimbing,

Wali Kota Malang Sutiaji Tutup Toko Modern Tak Berizin di Jalan Raya Achmad Yani
SURYAMALANG.COM/Alfi Syahri Ramadan
Wali Kota Malang, Sutiaji (berjaket hitam) saat melakukan sidak di salah satu toko modern di kawasan Jl Achmad Yani, Kota Malang, Selasa (2/10/2018). 

SURYAMALANG.COM, BLIMBING - Wali Kota Malang, Sutiaji, melakukan sidak terhadap salah satu toko modern di kawasan Jl Raya Achmad Yani, Blimbing, Kota Malang, Selasa (2/10/2018). Toko tersebut ditengarai tak berizin. Sehingga Wali Kota Malang langsung melakukan sidak untuk memastikan.

Setelah sampai di lokasi, orang nomor satu di Kota Malang itu langsung melakukan pengecekan terhadap dokumen toko. Ia meminta kepada penjaga toko untuk bisa menunjukkan surat bukti izin dibukanya toko tersebut. Lantaran tak bisa menunjukkan izin, akhirnya salah satu toko modern tersebut ditutup oleh Wali Kota Malang.

Kepada wartawan, Sutiaji menjelaskan bahwa awalnya memang ada laporan dari warga yang menyatakan keberatan dengan pembukaan toko modern di kawasan tersebut. Untuk itu, dirinya berupaya merespon laporan tersebut dengan cepat dan turun langsung untuk memastikan apakah memang benar toko tersebut belum memiliki izin.

"Karena masih belum bisa menunjukkan izinnya maka untuk sementara kami tutup," terangnya Selasa (2/10/2018).

Lebih lanjut, Sutiaji menambahkan akan melakukan penelusuran terhadap izin dari toko tersebut. Pasalnya, ia menyebut bahwa masyarakat cukup keberatan dengan dibukanya toko tersebut. Untuk itu, dirinya tak mau salah mengambil langkah dan coba untuk menelusuri terlebih dahulu.

"Jika memang nanti ditemukan ada kecurangan terkait izin, maka akan kami berikan teguran terhadap dinas terkait," tambahnya.

Sutiaji memastikan bahwa dalam hal ini Pemkot Malang tidak akan tebang pilih. Nantinya dirinya akan melakukan pendalaman terhadap izin berdirinya toko modern yang ada di Kota Malang. Jika memang tidak memiliki izin, maka dirinya memastikan akan menindak tegas.

"Akan saya kaji terlebih dahulu berapa yang sudah berizin dan berapa yang belum. Nantinya akan kami lakukan tindakan jika memang masih ada yang membandel,"

Sementara itu, Staff Penyidikan Satpol PP, Heri Mulyono menjelaskan bahwa untuk sementara toko modern tersebut ditutup lantaran belum bisa menunjukkan izin.

Nantinya kasus tersebut akan dikonfirmasi kepada pihak yang bersangkutan menangani perizinan terlebih dahulu. Jika memang toko otersebut masih belum bisa menunjukkan izin maka akan ditindaklanjuti ke ranah hukum.

"Kami kan proses dengan SOP yang berlaku yakni dengan melakukan proses BAP dan akan diikutkan pada sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring)," tandasnya.

Penulis: Alfi Syahri Ramadan
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved