BREAKING NEWS ! Situs Pendem Dipastikan Bangunan Candi

Situs Pendem yang ditemukan di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu akhirnya sudah bisa dipastikan sebagai sebuah bangunan candi.

BREAKING NEWS ! Situs Pendem Dipastikan Bangunan Candi
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Sumuran ditemukan di bagian tengah bangunan saat penggalian situs Pendem.  

SURYAMALANG.COM, BATU - Situs Pendem yang ditemukan di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu akhirnya sudah bisa dipastikan sebagai sebuah bangunan candi.

Kepastian itu didapat setelah Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur kembali melakukan penggalian di situs Pendem akjhir pekan ini.

Penggalian tim BPCB yang berlangsung selama sepekan ini adalah kali ketiga.

Tim SAR Hentikan Pencarian Balita 3 Tahun yang Hanyut di Sungai Bodo Karangploso, Kabupaten Malang

Respon Manajemen Singo Edan Soal Pemindahan Lokasi Laga Persebaya Vs Arema FC dari Malang ke Blitar

Prediksi Susunan Pemain Persebaya Vs Arema FC - 2 Pemain Asing Bajul Ijo Cedera

Arkeolog BPCB Wicaksono Dwi Nugroho sempat gelisah karena hingga Sabtu siang belum diketahui pasti bangunan apa yang sebenarnya terpendam di Dusun Pendem, Desa Pendem, Kota Batu itu.

Pekerja terus melakukan penggalian. Hingga sekitar pukul 16.00, Sabtu (15/2/2020), penggali menemukan Sumuran yang berada tepat di tengah-tengah bangunan. Mengetahui hal itu, Wicaksono bisa bernapas lega. 

Dengan temuan Sumuran itu, ia memastikan bahwa bangunan yang selama ini digali adalah candi. 

"Bahwa situs pendem imi sudah dipastikan bangunan candi. Awalnya bisa saja kami kira seperti pendopo," ujar Wicaksono, Minggu (16/2/2020).  

Diterangkan Wicaksono, Sumuran selalu berada di candi. Fungsinya adalah sebagai penghubung energi dunia bawah tanah. Jika di dunia atas tanah, disalurkan melalui lubang atap.

Wicaksono juga menegaskan kalau kondisi bagian atas candi sudah tidak bisa ditemukan. Hanya bagian bawah candi saja yang dapat ditemukan. 

"Di tengah bilik candi ada yoni atau arca. Unsur bawah dan atas bertemu di situ yang kemudian seolah menghidupkan arca itu," kata Wicaksono

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved