Berita Malang Hari Ini

Aplikasi iLab Untuk Praktik Mahasiswa Teknik Informatika UMM Saat Kuliah Harus Secara Daring

Kepala Laboratorium Prodi Teknik Informatika UMM menyatakan, iLab merupakan hasil karya mahasiswa yang tergabung dalam Infotech

SURYAMALANG.COM/HUMAS UMM
Aplikasi iLab membantu mahasiswa Teknik Informatika UMM untuk melaksanakan praktik lewat daring. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Prodi Teknik Informatika Fakuktas Teknik UMM membuat aplikasi iLab untuk mendukung praktik kerja mahasiswanya.

Aplikasi ini diterapkan terlebih sejak ada pandemi Covid-19, perkuliahan di semua perguruan tinggi lewat daring sejak 16 Maret 2020.

Tantangan berat di daring adalah pada pelaksanaan praktikum untuk melengkapi proses belajar mengajar.

Dispendukcapil Kabupaten Malang Terapkan Layanan Online, Gunakan Laman Resmi dan WhatsApp

Gubernur Jatim Khofifah Ajak ASN Donor Darah Atasi Tipisnya Stok Darah PMI di Tengah Wabah Corona

UPDATE Kasus Covid-19 di Jatim, Kabupaten Trenggalek Jadi Zona Merah, Malang Tambah 1 Positif Corona

Agus Eko Minarno, Kepala Laboratorium Prodi Teknik Informatika UMM menyatakan, iLab merupakan hasil karya mahasiswa yang tergabung dalam Infotech.

“Infotech merupakan wadah para asisten laboratorium, yang salah satu program kerjanya ialah membangun platform teknologi yang mendukung proses praktikum, hasilnya berupa iLab," paparnya dalam rilis humas UMM, Senin (6/4/2020).

iLab menjadi salah satu tumpuan aktivitas praktikum di situasi pandemi seperti ini. Maka ini akan terus dikembangkan dan disempurnakan.

Di prodi ini, ada 14 mata praktikum dengan peserta 2764 orang praktikan.

Rinciannya yaitu mata kuliah wajib dan mata kuliah peminatan atau keahlian. Karena jumlah praktikannya banyak, maka menjadi permasalahan jika dilaksanakan daring.

Sebab kegiatan asistensi dan presentasi proyek yang selama ini dilakukan secara tatap muka perlu ditransformasi ke bentuk online

Dengan ILab, aplikasi ini bisa memfasilitasi kegiatan praktikum secara daring. iLab bisa menghubungkan antara praktikan/mahasiswa, asisten laboratorium dan instruktur yang selama ini berinteraksi secara langsung dalam kegiatan praktikum.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved