Breaking News:

Virus Corona di Jatim

Kondisi Stok Beras dan Gula di Jatim Dibeberkan Wakil Gubernur Jatim, Antisipasi Jelang Ramadan

Semua harga bahan pokok dan komoditi di Jatim bisa dipantau di Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok Jatim (Siska

Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Sugiharto
Wagub Jatim, Emil Dardak berdialog dengan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersialog dengandisela-sela konfrensi pers update penanganan Pandemi Covid19 di Jatim, Senin (13/4/2020). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak memastikan stok pangan dan komoditi di Jawa Timur aman dalam beberapa bulan ke depan.

Kepastian ketersediaan stok pangam itu untuk menanggapi peringatan Presiden Jokowi agar kepala daerah memperhatikan produksi dan rantai pasokan pangan tidak terganggu di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19).

Selain ketersediaan pangan secara umum, Emil menjelaskan Pemprov Jatim juga memastikan jalur logistik terkait pendistribusian bantuan pangan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 juga aman.

Surabaya Bisa DiPSBB-kan, Kasus Positif Covid-19 di Kota Pahlawan Ini Tembus 208 Orang

Kabar Gembira! Kiper Arema Teguh Amirudin di Karuniai Buah Hati Pertamanya

Ada Coretan Lagi di Underpass Karanglo Singosari, 10 Remaja Ala Anak Punk Terancam Pasal 160 KUHP

"Untuk ketersediaan beras, bulan Januari - Februari itu konsumsi memang lebih besar daripada produksi, tetapi pada Bulan Maret - April lebih besar produksi," ucap Emil, Senin (13/4/2020).

Mantan Bupati Trenggalek ini menyebutkan luasan panen pada bulan Maret-April lebih kurang 443 ribu hektar.

"Untuk gula juga sedang proses pendistribusian. Sedangkan minyak goreng relatif harga minyak sawit dunia harganya terkendali bahkan agak turun, sehingga tidak menjadi kendala. Sudah dipetakan satu persatu," lanjutnya.

Pemprov Jatim juga sedang memantau harga telur dan ayam yang relatif turun akibat permintaan yang turun di tengah lesunya perekonomian di tengah wabah Covid-19.

"Dua komoditi ini menjadi sasaran intervensi kita karena kita ingin memastikan sektor agro juga terjaga kondisinya dengan baik terutama di sektor pemasaran," kata Emil yang juga Ketua Rumpun Sosial Ekonomi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur.

Emil menyebutkan semua harga bahan pokok dan komoditi di Jawa Timur bisa dipantau di Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok Jawa Timur (Siskaperbapo) di www.siskaperbapo.com.

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk mengingatkan kepala daerah untuk menjaga ketersediaan bahan pokok atau pangan dalam menghadapi pandemi corona.

Menurut Jokowi, hal itu sesuai dengan peringatan lembaga pangan dunia atau FAO bahwa pandemi corona berpotensi menimbulkan kelangkaan atau krisis pangan.

"Juga ini peringatan dari FAO agar betul-betul kita perhatikan, kita garisbawahi mengenai peringatan bahwa pandemi Covid19 ini bisa berdampak pada kelangkaan pangan dunia atau krisis pangan dunia. ini betul-betul harus kita pastikan," katanya.

Presiden meminta kepala daerah memperhatikan betul produksi panen periode Agustus-September. Sehingga rantai pasokan pangan tidak terganggu.

(Sofyan Arif Candra Sakti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved