Berita Batu Hari Ini

DPRD Kota Batu Seriusi Garap Raperda Pesantren

DPRD Kota Batu serius menggarap Raperda pesantren, sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan pesantren

Penulis: Benni Indo | Editor: isy
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Ketua DPRD Batu, Asmadi 

SURYAMALANG.COM | BATU – DPRD Kota Batu serius menggarap Raperda pesantren. Hal itu sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan pesantren.

Peraturan juga dinilai sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap lembaga pendidikan agama, terutama di lingkup pesantren. Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi mengatakan bahwa Perda Pesantren sangat diperlukan di Kota Batu. Ada puluhan pesantren di Kota Batu yang perlu mendapatkan perhatian pemerintah untuk terus berkembang dan maju.

"Perda Pesantren sudah masuk dalam Propemperda 2020. Perda ini bertujuan untuk mendukung upaya Ponpes membangun masyarakat Kota Batu melalui pendidikan keagamaan yang semakin berkualitas dan bermutu," ujar Asmadi.

Ia menerangkan lebih lanjut, masuknya Perda Ponpes dalam bagian 27 Propemperda yang akan digarap tahun ini merupakan aspirasi dari masyarakat dan para pengelola Ponpes di Kota Batu.

Menurutnya Perda tersebut memang penting.

"Namun secara keseluruhan kami masih membahas hal tersebut dengan seluruh anggota DPRD Batu. Karena ada banyak yang akan dibahas nantinya," ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan adanya Perda Pesantren ini adanya perhatian berupa insentif untuk guru ngaji bisa lebih baik.

Selain itu, terdapat payung hukum yang jelas dan mengikat untuk bantuan anggaran lainnya demi peningkatan pembangunan fisik hingga SDM yang ada di pesantren.

Dengan adanya peraturan yang jelas, kegiatan yang berkaitan dengan pendanaan bagi Ponpes dari APBD bisa dipertanggungjawabkan.

Dalam pelaksanaanya nanti, DPRD Batu akan berdiskusi banyak dengan berbagai pihak yang kompeten, mulai dari akademisi hingga tokoh agama atau ulama.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved