Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

MCW Soroti Pengadaan Wifi di Tiap RW oleh Pemkot Malang, Awas Tumpang Tindih dengan Kemendikbud

Di Kota Malang, program ini dianggarkan melalui PAK ABPD 2020 berupa pemberian fasilitas wifi gratis di 551 titik RW di Kota Malang.

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
ILUSTRASI - Perwakilan siswa SMA-SMK di Malang Raya menerima bantuan paket perdana internet "Merdeka Belajar" dari Telkomsel di Malang, Senin (7/9/2020). Penyerahan dilakukan simbolis oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. 

Penulis : Sylvianita Widyawati , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, MALANG - Malang Corruption Watch (MCW) menyoroti program penyediaan fasilitas fasilitas Wifi Gratis oleh Pemkot Malang dikaitkan dengan bantuan bagi siswa untuk  Belajar Dari Rumah (BDR).

Di Kota Malang, program ini dianggarkan melalui PAK ABPD 2020 berupa pemberian fasilitas wifi gratis di 551 titik RW di Kota Malang.

Di sisi lain ada kebijakan dari Kemendikbud tentang bantuan paket data buat siswa, mahasiswa, guru dan dosen. 

Pemprov Jatim juga sudah menyalurkan bantuan internet gratis berupa kartu perdana yang mulai dibagikan ke siswa SMA, SMK dan SLB se Jatim.

Ahmad Adi, Badan Pekerja MCW, Unit Pendidikan Publik menyatakan, program Pemkot Malang itu memakan dana APBD senilai Rp 1, 2 M ini turut mendukung konsep Smart City Kota Malang.

Yaitu fokus pemerataan akses internet di setiap wilayah.

"Di saat yang bersamaan Pemerintah Pusat juga menganggarkan dana dari APBN (PMK Nomor 394/KMK.02/2020) untuk bantuan kuota internet selama 4 bulan (dari bulan September hingga Desember)," jelas Adi dalam rilisnya, Selasa (8/9/2020).

Bantuan Kemendikbud itu untuk membantu pelaksanaan PJJ karena masih pandemi Covid-19.

"Dalam konteks rencana pemasangan Wifi ini, Pemerintah Kota Malang, maka harus memiliki konsep yang jelas. Mulai dari rencana, pelaksanaan dan implementasinya. Sehingga rencana pengadaan Wifi di masing-masing RW dapat berjalan secara efektif dan tepat sasaran," kata dia.

Halaman
123
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved