Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

ITN Malang Tambah Doktor Baru, Yosimson Teliti Retrofit Kolom Beton Bertulang dengan Kawat Loket

ITN Malang menambah doktor baru yaitu Yosimson P Manaha. Ia baru lulus dari Program Doktor Bidang Keahlian Struktur dari Jurusan Teknik Sipil

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Zainuddin
ITN Malang
ITN Malang menambah doktor baru yaitu Yosimson P Manaha. Ia baru lulus dari Program Doktor Bidang Keahlian Struktur dari Jurusan Teknik Sipil, FTSP, ITS Surabaya dengan IPK 3.97 (Sangat Memuaskan). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - ITN Malang menambah doktor baru yaitu Yosimson P Manaha.

Ia baru lulus dari Program Doktor Bidang Keahlian Struktur dari Jurusan Teknik Sipil, FTSP, ITS Surabaya dengan IPK 3.97 (Sangat Memuaskan).

Yosimson memiliki keseriusannya menyelamatkan bangunan gedung lama agar mampu menahan beban gempa.

Dosen Teknik Sipil S-1 ini dalam disertasinya meneliti teknik baru retrofit (perkuatan) kolom dengan membungkus kolom beton bertulang menggunakan Welded Wire Mesh (WWM).

Welded Wire Mesh umumnya disebut sebagai kawat loket berbentuk lembaran kawat yang terbuat dari rangkaian besi berbentuk kotak atau grid.

Diameter yang bervariasi mulai dari diameter 1 mm, 2 mm, 3 mm dan 4 mm yang sudah banyak dan umum digunakan oleh masyarkat sebagai kandang ayam, pagar, dll.

“Wilayah Indonesia dilalui oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik. Yaitu  lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia dan lempeng Pasifik. Ini menyebabkan rawan gempa," jelasnya beberapa waktu lalu.

Padahal banyak bangunan yang dibangun tanpa memperhitungkan beban gempa, terutama bangunan rumah tinggal 1-2 lantai dan dan bangunan ruko.

Penggunaan material Welded Wire Mesh dipilih Yosimson untuk memperkuat kolom bangunan lama  dengan cara membungkus kolom bangunan.

Sehingga saat terjadi gempa bumi kolom mampu memikul beban gempa setelah mengalami simpangan in-elastis.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved