Berita Lumajang Hari Ini

Pemkab Lumajang Mulai Petakan Tempat Relokasi Hunian bagi Warga Terdampak Gunung Semeru Meletus

Pemkab Lumajang mulai mencari lokasi yang cocok untuk tempat relokasi warga terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru meletus.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: isy
tony hermawan/suryamalang.com
Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperwati, (Bunda Indah) saat dimintai keterangan soal relokasi hunian warga terdampak Gunung Semeru meletus di Posko Desa Penanggal, Jumat (10/12/2021). 

Berita Lumajang Hari Ini
Reporter: Tony Hermawan
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | LUMAJANG - Pemkab Lumajang mulai mencari lokasi yang cocok untuk tempat relokasi warga terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru meletus.

"Kami sudah mulai melihat mana zona-zona yang aman untuk dijadikan tempat relokasi bagi hunian yang rusak akibat dampak APG Gunung Semeru," kata Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperwati (Bunda Indah) saat dimintai keterangan, di Posko Desa Penanggal, Jumat (10/12/2021). 

Bunda Indah juga mengatakan, bahwa pihaknya telah menentukan beberapa titik lokasi sebagai tempat relokasi.

Lahan yang dibidik merupakan milik Perhutani di Desa Penanggal dan Sumberrejo, Kecamatan Penanggal.

"Tentu yang berpotensi kami ajukan adalah lahan atau tanah negara dalam pengelolaan perhutani karena luas dan memungkinkan untuk relokasi," ujarnya. 

Ia menambahkan, bahwa pihaknya masih akan mendikusikan beberap titik-titik lahan kepada Badan Geologi untuk memastikan lokasi yang diajukan berada dalam zona aman. 

"Secara teknis, kami akan diskusikan dengan badan geologi juga. Apakah lokasi-lokasi yang kami maksud untuk kami ajukan ke perhutani dan Kementerian LHK adalah zona aman, sehingga bisa dijadikan tempat untuk relokasi," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved