Berita Malang Hari Ini

BKMG Prediksi Puncak Musim Hujan Bisa Jadi Terjadi Pada Bulan Januari Hingga Februari

Stasiun BMKG Karangploso memprediksi puncak musin hujan bisa saja jatuh pada bulan Januari hingga Februari 2023.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: Yuli A
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Stasiun BMKG Karangploso memprediksi puncak musin hujan bisa saja jatuh pada bulan Januari hingga Februari 2023. Prediksi tersebut didasarkan pada dinamika musim hujan tahun 2022 yang datang lebih awal.

"Musim hujannya kan maju lebih dari 3 dasarian lebih awal. Ini belum puncak, karena November. Dasar dari dinamika atmosfernya yang membuat hal tersebut terjadi," beber Kepala Stasiun BMKG Karangploso Anung Suprayitno ketika dikonfirmasi.

Menurut Anung wilayah Selatan Jawa termasuk Malang Raya tahun ini memiliki curah hujan yang tinggi. Sedangkan wilayah Utara dan Timur Jawa lebih rendah secara curah hujan.

"Sebenarnya dari beberapa bulan Oktober kemarin lebih banyak dari sisi selatan. Kondisi Klimatologis sisi Jawa Timur sisi Utara lebih kecil Pantura tapal kuda memang posisnya lebih kecil terutama sebenarnya dari Situbondo dan sebagainya curah hujannya lebih terlambat," ungkapnya.

Terakhir, Anung mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai dinamika musim tak menentu yang bisa saja terjadi.

"Pertama wajib diwaspadai hujan dengan intesitas lebat. Bukan hanya tinggi tapi waktu intensitas hujan sedang juga harus turut diwaspadai. Adanya banjir dan sebagainya.Kalau di perkotaan banjir-banjir ringan saja biasanya," tutupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved