Malang Raya

Pemkab Malang Bangun JLS Mulai Perempatan Pantai Balekambang sampai Pantai Kondang Merak

Pemkab Malang mulai mengerjakan pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) mulai dari perempatan Pantai Balekambang menuju Pantai Kondang Merak.

SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Pengguna jalan melintasi pohon yang dirobohkan alat berat pada proyek Jalan Lintas Selatan (JLS) di Kawasan Hutan Lindung Kondangmerak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Kamis (13/6/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN – Pemkab Malang mulai mengerjakan pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) mulai dari perempatan Pantai Balekambang menuju Pantai Kondang Merak.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Tomie Herawanto menjelaskan Pengerjaan tersebut masih pada tahap pemadatan dan pengukuran badan jalan.

“Kini pada tahap pengerasan saja. Setelah itu baru dilanjutkan untuk kegiatan fisiknya.”

“Rencananya bakal dilanjutkan mulai dari Balekambang sampai ke Desa Manteraman Kecamatan Donomulyo,” terang Tomie kepada SURYAMALANG.COM, Senin (17/6/2019).

Tomie menambahkan JLS merupakan bagian proyek jangka panjang sebagai kelanjutan rencana lanjutan tol Malang - Pandaan sampai ke Kepanjen.

Jika terealisasi, proyek jangka panjang itu menambah infrastruktur di Kabupaten Malang dan Jawa Timur.

Pasalnya, akses penghubung antara jalur lintas Utara dengan jalur lintas Selatan masih belum ada yang terkoneksi dengan tol.

Untuk mewujudkan wacana tersebut, Tomie menerangkan dibutuhkan pembahasan lebih lanjut mengenai trase jalan, dengan Pemerintah Pusat, Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Malang.

“Belum ada konektivitas antara yang Utara dengan Selatan. Dengan tersambungnya Tol Mapan sampai ke JLS ini nanti akan menjadi satu-satunya akses antara Utara dengan Selatan di Jawa Timur,” beber Tomie.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved