Breaking News:

Jendela Dunia

Apakah Virus Corona Bisa Dibasmi? Ada Peluang Pandemi Jadi Endemik, Covid-19 Akan Hidup Lebih Lama

Apakah Virus Corona Bisa Dibasmi? Ada Peluang Pandemi Jadi Endemik, Covid-19 Akan Hidup Lebih Lama

Editor: eko darmoko
SHUTTERSTOCK/LIGHTSPRING
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM - Covid-19 yang disebabkan virus corona yang belum bisa dibasmi, berpeluang mengubah status pandemi menjadi endemik.

Dikutip SURYAMALANG.COM dari Kompas.com (1/3/2021), survei dari Nature menunjukan, banyak ilmuwan memperkirakan virus corona menjadi endemik tapi dampaknya berkurang seiring waktu.

Lantas, apa artinya jika Covid-19 menjadi endemik, apakah virus corona bisa dibasmi?

Pada bulan Januari, Nature bertanya kepada lebih dari 100 ahli imunologi, peneliti penyakit menular, dan ahli virologi yang menangani virus corona apakah virus itu dapat dibasmi.

Hampir 90 persen ilmuwan berpendapat bahwa virus corona akan menjadi endemik.

Artinya, Covid-19 akan terus beredar dan hidup di tengah masyarakat selama bertahun-tahun mendatang.

"Memberantas virus ini (virus corona penyebab Covid-19) dari dunia saat ini sama seperti mencoba merencanakan pembangunan jalur batu loncatan ke Bulan. Itu mustahil," kata Michael Osterholm, seorang ahli epidemiologi di University of Minnesota di Minneapolis.

Kendati demikian, para ahli juga percaya bahwa dampak risiko dari Covid-19 seperti kematian, kasus infeksi, atau lockdown akan menurun seiring waktu.

Peneliti mengatakan, masa depan akan sangat bergantung pada jenis kekebalan yang diperoleh orang melalui infeksi atau vaksinasi dan bagaimana virus berevolusi.

Jika Covid-19 jadi endemik, ini akan seperti influenza dan empat penyakit yang disebabkan virus corona lainnya yang juga endemik.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved